Samuudera Ilmu official website | Members area : Register | Sign in

DI SINI JUAL IKAN SEGAR

22 Mei 2011

Share this history on :


 Seseorang mulai menjual ikan segar di sebuah pasar yang ramai. Ia memasang sebuah papan reklame yang besar dan menuliskan: “DI SINI JUAL  IKAN SEGAR”.
Selang beberapa waktu kemudian, datanglah pembeli pertama. Ia memesan satu kilo ikan tuna. Sambil menunggu pesanan itu di bungkus, ia menanyakan papan reklame itu:
“mengapa kau menuliskan kata “DI SINI”??, bukankah semua orang sudah tahu bahwa kau berjualan DI SINI, bukan DI SANA?”
“benar juga…”, pikir si penjual. Ia pun menurunkan papan reklame itu dan menghapus kata DI SINI.
Beberapa saat setelah itu, pembeli kedua pun dating  ia juga memesan sejumlah ikan tuna. Sambil menunggu ikan-ikan itu dibungkus, ia juga menanyakan perihal reklame itu:
“Mengapa kamu menulis JUAL IKAN SEGAR?. Bukankah semua orang sudah tahu bahwa kau menjual IKAN SEGAR, bukan IKAN BUSUK??”
“Benar juga…”, kali ini ia mendesah. Si penjual itu langsug menurunkan papan reklame dan menghapus kata SEGAR.
Tak lama setelah itu, datanglah pembeki ketiga. Pembeli ini juga berkomentar soal papan reklame si penjual ikan:
“Kenapa kau pajang papan reklame itu dengan tulisan JUAL Ikan?, bukankah semua orang disini sudah tahu bahwa ikan ini untuk DI JUAL, bukan DIPAMERKAN? “
Benar juga, pikir si penjual. Iapun melakukan hal yang sama dan menghapus kata JUAL.

Pesan cerita:
Seri ng sekali kita melihat opini orang lain, bahlan sertamerta mengikuti opini-opini tersebut secara sempurna, agar kita tidak menyesal di kemudian hari dalam memlilih sesuatu.
Namun kitalah yang paling tahu dengan diri kita sendiri. Kitalah yang paling verkuasa terhadap hati dan kehendak kita. Dan tentu saja,  kitalah yang pailing tahu apa yang sesuai dan baik untuk diri kita.
Jadilah diri sendiri, dan jangan terlalu menuruti segala opini yang datang dari orang lain. Salah seorang ustadz saya pernah berkata;” jangan terlalu menuruti opini orang lain, karena tidak ada orang yang sempurna, semua orang pernah melakukan kesalahan,”
Semoga poara pembaca mendapat hikmah dari cerita ini.


Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments: