Samuudera Ilmu official website | Members area : Register | Sign in

MENGENAI SAYA

15 Mar 2011

Share this history on :
• SEKILAS MENGENAI DIRI PENULIS

Tangisan perdana penulis pecah di dunia fana ini pada tanggal 22 agustus 1993 di sebuah rumah bersalin di daerah Tanjung Alam , kab Agam. Kemudian penulis diberi nama Muhammad Aqil Rabbani, sebuah nama yang unik. Karena nama ini terdiri dari tiga kata, dimana kata “Muhammad” adalah pemberian kakek, “Aqil” pemberian ayah dan “Rabbani” pemberian paman penulis, Pak Mistar Riva’I, yang biasa penulis panggil dengan sapaan “Pak dang Mis”. Di sumatera Barat, kata “Pak dang” berarti bapak gadang, sebuah panggilan bagi abang kandung yang lebih tua dari ayah. Demikianlah, nama penulis terbentuk atas kerja sama 3 orang,;kakek, ayah, dan paman. Selain unik, nama ini juga memiliki arti dan makna tersendiri. Nama ini adalah sebuah doa agar penulis bisa menjadi manusia terpuji, seperti nabi Muhammad, manusia yang senantiasa berpikir menggunakan akal, dan manusia yang senantiasa belajar dan mengajarkan agama seperti para Rabbaniyyin. Tentunya, penulis sangat bangga dengan nama yang penulis sandang ini.

Sekarang penulis sedang menjalani study (cieeeah, kayak mahasiswa aja) di madrasah sumatera Thawalib Parabek, sebuah pesantren islam di pinggiran kota Bukittiinggi, yang berlokasi di antara gunung Merapi dan gunung Singgalang. Penulis senang sekali belajar dan menyerap ilmu di pesantren ini. Lingkungannya terasa berkah bila dinikmati karena banyak santri yang belajar dan ustadz ustadzah yang mengajar, menetap disekitar pesantren. Selain itu, pemandangan desa tempat pesantren ini berdomisilai terkesan “so green”, sehingga menyejukkan mata. Satu hal lagi yang membuat penulis terasa betah di sini adalah kesan historis pesantren yang didirikan oleh Syeikh Ibrahim Moesa, seorang ulama minangkabau yang sangat dikenal keluasan ilmunya dan kebaikan akhlaqnya.

• HOBI MENULIS

Penulis mulai menyukai kegiatan tulis-menulis semenjak dududk di kelas IV aliyah. Tepatnya, saat itu kami –penulis dan teman-teman sekelas-diberi tugas untuk membuat cerpen. Waktu itu, penulis menulis sebuah cerpen berjudul “sehari di rumah aisyah” yang menceritakan seorang anak SMA yang terjebak hujan deras sepulang sekolah dan terpaksa harus menginap di kontrakan temannya yang memiliki seorang adik bernama Aisyah. Cerpen ini kemudian dikumpulkan kepada ustadzah dan dipilih untuk dibacakan di depan kelas. Tentu saja sang ustadzah memilih karaya terbaik unuk dibacakan. Dan kebetulan sekali, karya penulislah yang dipilih. Serentak teman-teman bertepuk tangan seusai cerpen itu dibacakan. Sejak saat itu, penulis mulai menyadari bahwa diri penulis berbakat untuk menjadi seorang writer, yang tidak penulis sadari sebelumnya.

Penulis sangat menyadari bakat menulis ini pada hari jumat, 19 juni 2009. waktu iru penulis bersama 9 teman lainnya terpilih sebagai kontingen pramuka, mewakili kabupaten agam, untuk mengikuti Perkemahan Pramuka Santri Nusantara, di Jatinangor, Sumedang. Di sana, penulis mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia. Diantaranya, kegiatan mengarang bebas dalam bahasa inggiris atau bahasa arab. Penulis memakai bahasa inggris, karena banyak sekali diantara kami (peserta kegiatan) yang memilih mengarang dengan bahasa arab. Penulis menduga, bahwa kegiatan mengarang ini pada akhirnya diperlombakan. Oleh karena itu, penulis memilaih bahasa inggris karena peluang untuk menang lebih besar.

Dan benar saja, sesuai dugaan penulis, kegiatan mengarang ini memang diperlombakan. Yang membuat penulis bahagia adalah bahwa penulis meraih juara 3 lomba mengarang bahasa inggris putra. Penulis mendapatkan sebuah trofi dan sejumlah uang tunai. Penulis senang sekali, karena predikat juara itu adalah yang pertama kali penulis raih, di samping juara kelas.

Sejak saat itu, penulis mulai rajin berlatih dengan cara menulis apa saja, meskipun tidak berkala. Karena, di saat duduk di kelas V, penulis dipilih sebagai ketua bidang Humas, salah satu bidang kerja yang ada di bawah naungan IPST (Ikatan Pelajar Sumatera Thawalib). IPST adalah Ibarat Osis yang mengatur kegiatan kesiswaan di MST Parabek. Bahkan penulis juga pernah terpilih sebagai ketua bidang acara HUT IPST yang ke 42. sehingga penulis disibukkan dengan berbagai kegiatan organisasi dan juga kegiatan belajar. Oleh karena itu, agak sulit bagi penulis untuk mencari waktu luang agar dapat digunakan untuk latihan menulis secara berkala.

• MULAI MENULIS DI BLOG



Penulis mulai mengenal istilah blog di saat penulis duduk di kelas IV Aliyah. Salah seorang ustadz penulis, Ustadz Ujang, sering memberi pesan kepada kamir agar mampir ke blog yang beliau buat setiap kali kami mengakses internet. Di lain hari, ustadz ujang juga memperkenalkan kami mengenai blog dan kegunaannya. Karena penasaran, penulis mengakses blog-nya ustad Ujang . penulis begitu takjub dengan tampilan blognya yang gagah, dan ada teks berjalannya. Sejak saat itu, penulis mulai belajar membuat blog dan mencari informasi bagaimana cara menghias tampilan blog sehingga tampilan blog yang dibuaaat begitu menarik. Sejak saat itu, kegiatan ngeblog menjadi salah satu hobi penulis.

Denikianlah gambaran singkat mengenai profil penulis. Untuk perkenalan lebih lanjut, penulis dapat dihubungi via facebook dengan nama Muhammad Aqil Rabbani dengan e-mail : aqil_rabbani@yahoo.com. Penulis berharap, adanya blog ini dapat memberi manfaat bagi pembaca sekalian.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments: